Seberapa Besar Keuntungan Kontraktor..?
Sering kali dilapangan ataupun di acara lain ketika bertemu relasi lama atau teman lama selalu mengatakan “wah jadi kontraktor, asyik dah punya duit banyak nih” … “dah punya Mall dimana nih?” atau ungkapan sejenis

padahal banyak sekali faktor yang bisa dikategorikan sebagai resiko yang jika tidak hati hati , si kontraktor malah bisa rugi. Mari kita coba analisa data berikut.
Mulai dari ketersediaan material dengan tenggat waktu yang diberikan. Resiko kenaikan material karena masih banyak yang menggunakan raw material impor dan juga fluktuasi mata uang.
Pengetatan dan ritme kerja tukang dan lain lain.
Ingat bahwa biaya labor / tukang merupakan salah satu faktor biaya yang tinggi

Fakta yang akan diberikan adalah data rasio profitabilitas operational margin dan ROE (Return On Equity). Sebenarnya masih ada beberapa rasio profitabilitas yang lain, tapi 2 rasio itu dianggap cukup mewakili. ROE diambil karena ROE adalah indikator utama rasio profitabilitas. Maksudnya jika ROE baik maka rasio yang lain juga baik. ROE adalah tingkat pengembalian dari bisnis atas seluruh modal yang ada. Rumus ROE = Laba bersih / Total Ekuitas (modal). ROE merupakan salah satu indikator yang digunakan pemegang saham untuk mengukur keberhasilan bisnis yang dijalani.

Kalau anda ingin jadi kontraktor, jangan ragu untuk mencari data sebanyak mungkin dari teman anda, browsing dari mesin pencari dan lain lain untuk belajar.

Jika anda akan membangun snendiri, jangan lupa pelajari berapa minimal tukang dan kenek bis alakukan dalam sehari misal dalam sehari tukang dan kenek bisa membuat pasangan bata seluas 32 meter persegi…pemasangan granite seluas 18 meter persegi, pengecatan seluas 42 mter persegi dan lain lain.

About stevenmoshe

No Comments

Be the first to start a conversation

Leave a Reply

  • (will not be published)